Workshop Peningkatan Literasi
- November 13, 2021
- Posted by: Humas Unipdu
- Category: Berita
Workshop Peningkatan Literasi
Menyadari pentingnya literasi bagi pelajar tingkat menengah, Kepala sekolah SMPN 7 Kodya Mojokerto, Siti Nuryati S.Pd bersinisiatif mengadakan Workshop literasi bagi guru di sekolahnya. Acara yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian program peningkatan literasi ini digelar pada Jum’at 12 Nopember 2021 di ruang Multimedia. Seluruh guru dilibatkan dalam acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kodya Mojokerto, Amin Wachid, S.Sos., M.Si. Beliau memuji kegiatan ini karena menurutnya literasi perlu digalakkan agar masyarakat Indonesia tidak tertinggal oleh negara lain. Lebih lanjut, dalam acara ini Kepala sekolah menegaskan bahwa “Guru harus memahami bahwa literasi tidak sebatas kemampuan membaca dan menulis”.
Direktur Pascasarjana Unipdu, Assoc. Prof. Hj. Uswatun Qoyyimah, M.Ed. PhD, diundang menjadi narasumber utama. Dalam kegiatan tersebut beliau menekankan bahwa kemampuan literasi dapat membantu siswa menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena literasi tidak terbatas pada kemampuan untuk membaca tetapi juga kemampuan seseorang memahami teks yang terkait dengan mata pelajaran dan merespon teks tersebut dalam bentuk tulisan dan mode lainnya seperti aktivitas di media sosial. Sehingga aktivitas siswa di media sosial dapat terarah dan bermanfaat, terutama sebagai media pembelajaran siswa.
Sebagai salah satu peneliti penerima Hibah Riset Keilmuan Kemenristek Dikti di bidang literasi, narasumber membekali berbagai strategi kepada para peserta workshop untuk meningkatkan literasi siswa. Strategi tersebut diantaranya; 1) Memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca sebanyak-banyaknya dari berbagai macam sumber, agar siswa memahami materi pengajaran; 2) Guru perlu mengajarkan siswa untuk menuliskan responnya atas teks yang dibaca; 3) Guru harus menghubungkan teks/materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata yang dihadapi siswa, sehingga siswa tertarik untuk membacanya lebih jauh.